Benchmarking Universitas Lambung Mangkurat ke Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran terkait Penerapan MBKM di UNESA

Surabaya, 2 Juli 2024 – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah melakukan kunjungan benchmarking ke Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Surabaya. Kunjungan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Dalam kunjungan ini, rombongan ULM diterima oleh Direktur Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes. Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Sub Direktorat MBKM UNESA, Dr. Moch. Jacky, S.Pd., M.Pd dan tim dari sub direktorat MBKM.

Prof. Dr. Fida Rachmadiarti menjelaskan berbagai strategi dan inovasi yang telah dilakukan oleh Direktorat dalam rangka mendukung implementasi MBKM di perguruan tinggi di Indonesia. “Kami fokus pada pengembangan teknologi pembelajaran yang mendukung fleksibilitas dan kemandirian belajar mahasiswa. Dengan memanfaatkan teknologi, kami berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan industri,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Moch. Jacky memaparkan pengalaman UNESA dalam menerapkan MBKM, termasuk tantangan dan solusi yang telah diimplementasikan. “Kami di UNESA telah mengintegrasikan program MBKM ke dalam kurikulum dengan pendekatan yang holistik, melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk dosen, mahasiswa, dan mitra industri. Kami juga melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan keberhasilan program ini,” kata Dr. Jacky.

Kepala Sub Direktorat MBKM Universitas Lambung Mangkurat, yang juga hadir dalam kunjungan ini, mengungkapkan bahwa benchmarking ini sangat bermanfaat bagi ULM dalam memperkuat implementasi MBKM. “Kami berharap dapat mengadopsi praktik terbaik dari UNESA dan Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di ULM. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi demi mewujudkan visi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujarnya.

Kunjungan benchmarking ini diakhiri dengan diskusi interaktif dan kunjungan ke berbagai fasilitas teknologi pembelajaran yang dimiliki oleh Direktorat Transformasi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. Rombongan ULM mendapatkan wawasan yang berharga tentang pengelolaan dan pemanfaatan teknologi dalam mendukung pendidikan yang lebih baik.

Dengan adanya benchmarking ini, diharapkan Universitas Lambung Mangkurat dapat semakin siap dalam mengimplementasikan program MBKM, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif, dan siap bersaing di era globalisasi.